1. MV Doña Paz
Jumlah korban : 4.375 org
Doña Paz ialah kapal ferry
penumpang yg tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tangker “Vector”
pada tanggal 20 Desember 1987. Saat itu kapal sedang melakukan
perjalanan dari kepulauan Samar – Filipina. Ketika berada di selat
Tablas diantara pulau Mindoro dan Tablas kapal bertabrakan dengan kapal
tangker “Vector” yg sedang membawa 8.800 barel minyak. Muatan dari kapal
tangker itu langsung terbakar dan menyambar Doña Paz. Saking ganasnya
api Doña Paz tenggelam hanya beberapa menit kemudian.
Meskipun pernyataan resmi dari pihak berwenang jumlah penumpang ialah 1.568 org (meski kapasitas maksimum kapal hanya 1.518 org) tapi dari berbagai kesaksian korban selamat saat itu kapal benar-benar kelebihan muatan dan akhirnya diketahui jumlah korban tewas ialah 4.375 org. 21 org korban selamat karena bisa berenang menjauhi kapal dan tidak ada waktu untuk menurunkan sekoci penyelamat. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kru kapal tidak bisa memenuhi stkamur keamanan dan ijin pengoperasian kapal ternyata sudah habis. Musibah Doña Paz sampai saat ini menjadi kejadian kecelakaan laut terburuk dalam sejarah.
2. Halifax Explosion
Jumlah korban : 1.950 org
Meskipun pernyataan resmi dari pihak berwenang jumlah penumpang ialah 1.568 org (meski kapasitas maksimum kapal hanya 1.518 org) tapi dari berbagai kesaksian korban selamat saat itu kapal benar-benar kelebihan muatan dan akhirnya diketahui jumlah korban tewas ialah 4.375 org. 21 org korban selamat karena bisa berenang menjauhi kapal dan tidak ada waktu untuk menurunkan sekoci penyelamat. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kru kapal tidak bisa memenuhi stkamur keamanan dan ijin pengoperasian kapal ternyata sudah habis. Musibah Doña Paz sampai saat ini menjadi kejadian kecelakaan laut terburuk dalam sejarah.
2. Halifax Explosion
Jumlah korban : 1.950 org
Ledakan Halifax terjadi pada
hari Kamis, 6 Desember 1917 saat kota Halifax, Nova Scotia-Kanada hancur
lebur akibat ledakan dahsyat dari sebuah kapal kargo Prancis
“Mont-Blanc” yang membawa muatan penuh berisi mesiu dan bahan peledak
untuk militer. Kapal ini tertabrak kapal Norwegia “The Narrows” di salah
satu bagian pelabuhan Halifax.
Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya. Gambar diatas ialah situasi setelah terjadinya ledakan.
3. MV Joola
Jumlah korban : 1.863 org
Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya. Gambar diatas ialah situasi setelah terjadinya ledakan.
3. MV Joola
Jumlah korban : 1.863 org
MV Le Joola ialah kapal ferry
penumpang milik pemerintah Senegal yg tenggelam di dekat pantai wilayah
Gambia pada tanggal 26 September 2002. Sebenarnya kapal ini
berkapasitas 580 org tapi pada saat itu diperkirakan hampir 2000 orang
yg berada diatas kapal.
Panggilan radio terakhir dari kru kapal pada pukul 10:00 malam mengabarkan bahwa kondisi pelayaran berlangsung dengan baik. Seperti dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11:00 malam kapal mulai memasuki wilayah badai di laut Gambia dan ditengah ombak besar dan angin kencang kapal tenggelam dengan cepat memuntahkan para penumpang dan muatannya ke tengah lautan.
Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.
4. Sultana
Jumlah korban : 1.800 org
Panggilan radio terakhir dari kru kapal pada pukul 10:00 malam mengabarkan bahwa kondisi pelayaran berlangsung dengan baik. Seperti dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11:00 malam kapal mulai memasuki wilayah badai di laut Gambia dan ditengah ombak besar dan angin kencang kapal tenggelam dengan cepat memuntahkan para penumpang dan muatannya ke tengah lautan.
Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.
4. Sultana
Jumlah korban : 1.800 org
Kapal uap Sultana ialah kapal
penumpang yg melayari sungai Mississippi, hancur dalam sebuah ledakan
pada tanggal 27 April 1865. Peristiwa ini tercatat sebagai tragedi
terburuk dalam dunia maritim di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.800 dari
2.400 penumpang kapal terbunuh saat salah satu dari empat boiler
(tungku pemanas) meledak, Sultana tenggelam tidak jauh dari Memphis –
Tennessee. Sebagian besar penumpang ialah bekas tahanan dari pasukan
Konfederasi yang dikirim kembali ke rumah mereka. Ledakan akibat
kebocoran dan kurangnya perawatan dari tungku pemanas menyebabkan
hancurnya separuh badan kapal dan batu bara panas yg beterbangan
membakar habis sisa badan kapal.
5. RMS Titanic
Jumlah korban : 1.517 org
5. RMS Titanic
Jumlah korban : 1.517 org
RMS Titanic ialah sebuah
kapal penumpang kelas berat yg dimiliki perusahaan pelayaran White Star
Line. Pada tanggal 14 April 1912 dalam pelayaran perdananya , Titanic
menabrak sebuah iceberg (gunung es) dan tenggelam 2 jam 40 menit
kemudian. Pada saat pertama kali diluncurkan Titanic menjadi kapal uap
penumpang terbesar di dunia. Titanic dibangun dengan teknologi paling
baru pada masa itu dan diiklankan sebagai kapal yg “tidak akan bisa
tenggelam” dalam brosur-brosur promosinya. Tragedi Titanic sangat
mengguncang dunia karena disamping kapal yg “canggih” kru kapal jg
terdiri dari orang-orang yg sangat berpengalaman, namun korban yg tewas
masih sangat besar. Tragedi ini kemudian merubah hukum-hukum maritim di
dunia dan penemuan bangkai kapal pada tahun 1985 semakin membuat musibah
Titanic menjadi legenda sampai saat ini.
6. RMS Empress of Ireland
Jumlah korban : 1.012 org
6. RMS Empress of Ireland
Jumlah korban : 1.012 org
RMS Empress of Ireland ialah
kapal penumpang lintas samudra yg dibuat pada tahun 1905-1906. Pada
tanggal 28 Mei 1914 kapal ini berangkat dari Quebec-Kanada menuju
Liverpool-Inggris mengangkut 1.477 penumpang dan awak kapal. Henry
George Kendall ialah kapten kapal yg baru dipromosikan pada awal bulan
dan saat itu pertama kali dia memimpin kapal melalui terusan dekat
Pointe-au-Père – Quebec ditengah hadangan kabut tebal. Pada pukul 02:00
sebuah kapal Norwegia “Storstad” menabrak samping kapal. Storstad
sendiri tidak tenggelam namun Empress of Ireland dengan kerusakan sangat
parah pada bagian kanan lambung langsung dipenuhi air, terbalik dan
tenggelam hanya dalam waktu 14 menit beserta 1.012 penumpang dan
awaknya.
7. MS Estonia
Jumlah korban : 852 org
7. MS Estonia
Jumlah korban : 852 org
MS Estonia sebelumnya bernama
MS Viking Sally (–1990), MS Silja Star (–1991), dan MS Wasa King
(–1993) ialah kapal ferry buatan Jerman tahun 1979. Musibah MS Estonia
terjadi pada tanggal 28 September 1994 saat berlayar menyeberangi Laut
Baltik dalam perjalanannya dari Tallinn-Estonia menuju Stockholm-Swedia.
Saat itu kapal membawa 989 penumpang dan awak kapal.
Pada pukul 01:00 tkamu-tkamu akan terjadinya musibah berawal dari bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari pemeriksaan pada “bow visor” (bagian ujung kapal yg bisa dibuka-tutup untuk masuknya barang atau kendaran ke dalam kapal) tidak terlihat adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul 01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire, laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru terdengar tkamu bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring sekitar 30° – 40° ke kanan mengakibatkan hampir tidak mungkin bisa berjalan dengan aman di dalam tubuh kapal.
Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat ialah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan stkamurd internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan
8. SS Eastland
Jumlah korban : 845 org
Pada pukul 01:00 tkamu-tkamu akan terjadinya musibah berawal dari bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari pemeriksaan pada “bow visor” (bagian ujung kapal yg bisa dibuka-tutup untuk masuknya barang atau kendaran ke dalam kapal) tidak terlihat adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul 01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire, laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru terdengar tkamu bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring sekitar 30° – 40° ke kanan mengakibatkan hampir tidak mungkin bisa berjalan dengan aman di dalam tubuh kapal.
Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat ialah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan stkamurd internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan
8. SS Eastland
Jumlah korban : 845 org
S.S. Eastland ialah kapal
penumpang dari Chicago yg digunakan untuk tur wisata. Pada tanggal 24
Juli 1915 kapal ini bersama dengan dua kapal uap lainnya “The Theodore
Roosevelt” dan “The Petoskey”, disewa untuk mengangkut para pegawai
Chicago’s Western Electric Company berlibur ke Michigan City – Indiana.
Bagi para pegawai ini ialah momen yg sangat mereka nantikan karena
kebanyakan dari para pekerja ini tidak akan mampu untuk berlibur dengan
biaya sendiri (pd masa itu Amerika sedang dilkamu resesi ekonomi). S.S.
Eastland rupaya mengangkut terlalu banyak sekoci penyelamat di bagian
atas kapal yg membuat kapal ini menjadi tidak stabil.
Pagi itu pukul 6:30 para penumpang mulai menaiki kapal dan pada pukul 7:10 kapal sudah terisi dengan 2752 penumpang (kapasitas maksimumnya). Saat para karyawan itu mulai turun ke bawah geladak pada pukul 7:28 kapal tiba-tiba miring ke kiri lalu terguling pada sisinya dan tenggelam sedalam 20 kaki dibawah permukaan air. Meskipun tidak terlalu dalam dan segera dilakukan operasi penyelamatan oleh kapal “Kenosha” yg bergegas merapat di lambung S.S. Eastland namun kejadian yg tiba-tiba dan banyak orang yg tertimpa furniture berat seperti piano, rak buku dan meja membuat ratusan orang terperangkap dibawah air. 841 penumpang dan 4 orang kru kapal tewas dalam musibah ini. Sebagian besar korban ialah wanita dan anak-anak.
9. HMS Birkenhead
Jumlah korban : 460 org
Pagi itu pukul 6:30 para penumpang mulai menaiki kapal dan pada pukul 7:10 kapal sudah terisi dengan 2752 penumpang (kapasitas maksimumnya). Saat para karyawan itu mulai turun ke bawah geladak pada pukul 7:28 kapal tiba-tiba miring ke kiri lalu terguling pada sisinya dan tenggelam sedalam 20 kaki dibawah permukaan air. Meskipun tidak terlalu dalam dan segera dilakukan operasi penyelamatan oleh kapal “Kenosha” yg bergegas merapat di lambung S.S. Eastland namun kejadian yg tiba-tiba dan banyak orang yg tertimpa furniture berat seperti piano, rak buku dan meja membuat ratusan orang terperangkap dibawah air. 841 penumpang dan 4 orang kru kapal tewas dalam musibah ini. Sebagian besar korban ialah wanita dan anak-anak.
9. HMS Birkenhead
Jumlah korban : 460 org
HMS Birkenhead ialah salah
satu kapal dengan lambung besi pertama yg dibuat untuk angkatan laut
kerajaan Ingris (Royal Navy). Pertama kali dirancang sebagai kapal
frigate tetapi sebelum diresmikan diubah menjadi kapal pengangkut
pasukan.
Pada tgl 26 Februari 1852 ketika mengangkut pasukan ke Afrika kapal ini karam di Gansbaai dekat Cape Town, South Africa. Tidak tersedia sekoci penyelamat yg cukup untuk seluruh penumpang namun demikian para prajurit ini dengan gagah berani tetap mempersilahkan penumpang wanita dan anak-anak untuk naik ke sekoci yg ada. Akhirnya cuma ada 193 org dari 643 org yg selamat dari musibah ini. Kisah heroik para prajurit ini menjadi dasar protokol “women and children first” saat prosedur penyelamatan musibah laut.
10. KMP Tampomas II
Jumlah korban : 431 org
Pada tgl 26 Februari 1852 ketika mengangkut pasukan ke Afrika kapal ini karam di Gansbaai dekat Cape Town, South Africa. Tidak tersedia sekoci penyelamat yg cukup untuk seluruh penumpang namun demikian para prajurit ini dengan gagah berani tetap mempersilahkan penumpang wanita dan anak-anak untuk naik ke sekoci yg ada. Akhirnya cuma ada 193 org dari 643 org yg selamat dari musibah ini. Kisah heroik para prajurit ini menjadi dasar protokol “women and children first” saat prosedur penyelamatan musibah laut.
10. KMP Tampomas II
Jumlah korban : 431 org
Kecelakaan pelayaran nasional
yang paling tragis di Indonesia ialah tenggelamnya kapal motor
penumpang KMP Tampomas II di sekitar kepulauan Masalembo – Laut Jawa. KM
Tampomas II terbakar di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981.
Tampomas II berlayar dari Jakarta menuju Sulawesi dengan membawa puluhan kendaraan roda empat, sepeda motor dan 1054 penumpang terdaftar serta 82 kru kapal. Perkiraan mengatakan total penumpang di kapal tersebut ialah 1442 orang (perkiraan tambahan penumpang gelap). Dalam kondisi badai laut di malam hari tanggal 25 Januari beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar, diduga percikan api timbul dari puntung rokok yang melalui kipas ventilasi yang menjadi penyebab kebakaran.
Para kru melihat dan gagal memadamkannya dengan tabung pemadam kebakaran portable. Api menjalar ke dek lain yang berisi muatan yang mudah terbakar, asap menjalar melalui jalur ventilasi dan tidak berhasil ditutup. Api semakin menjalar ke kompartemen mesin karena pintu dek terbuka. Selama dua jam tenaga utama mati, generator darurat pun gagal dan usaha memadamkan api seterusnya sudah tidak mungkin.
Di tanggal 26 Januari Laut Jawa mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45° dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar.
Sampai tanggal 29 Januari tim SAR gagal melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80 orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil diselamatkan.
Tampomas II merupakan kapal pembelian dari Jepang. Isu yang beredar ialah kapal motor yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang dibeli dari Jepang yang dimodifikasi tahun 1971. Hasil investigasi kapal tersebut ialah kapal bekas yang dipoles dan dijual dengan harga dua kali lipatnya.
Tampomas II berlayar dari Jakarta menuju Sulawesi dengan membawa puluhan kendaraan roda empat, sepeda motor dan 1054 penumpang terdaftar serta 82 kru kapal. Perkiraan mengatakan total penumpang di kapal tersebut ialah 1442 orang (perkiraan tambahan penumpang gelap). Dalam kondisi badai laut di malam hari tanggal 25 Januari beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar, diduga percikan api timbul dari puntung rokok yang melalui kipas ventilasi yang menjadi penyebab kebakaran.
Para kru melihat dan gagal memadamkannya dengan tabung pemadam kebakaran portable. Api menjalar ke dek lain yang berisi muatan yang mudah terbakar, asap menjalar melalui jalur ventilasi dan tidak berhasil ditutup. Api semakin menjalar ke kompartemen mesin karena pintu dek terbuka. Selama dua jam tenaga utama mati, generator darurat pun gagal dan usaha memadamkan api seterusnya sudah tidak mungkin.
Di tanggal 26 Januari Laut Jawa mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45° dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar.
Sampai tanggal 29 Januari tim SAR gagal melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80 orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil diselamatkan.
Tampomas II merupakan kapal pembelian dari Jepang. Isu yang beredar ialah kapal motor yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang dibeli dari Jepang yang dimodifikasi tahun 1971. Hasil investigasi kapal tersebut ialah kapal bekas yang dipoles dan dijual dengan harga dua kali lipatnya.